Berita Flash News

Tuesday, 26 February 2013

10 Mahasiswa UI Mengikuti Simulasi Sidang PBB di Harvard

Meulaboh – Universitas Indonesia resmi mengirim sepuluh mahasiswa untuk mengikuti kompetisi Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2013 di Boston, 14-17 Februari 2013. Dalam simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa tertua dan terbesar di dunia ini, UI akan bertemu dengan 3000 delegasi dari 40 negara lainnya.

Kesepuluh mahasiswa tersebut mengalahkan 200 peserta dari 12 fakultas lainnya melalui lima tahap seleksi yang sangat ketat. “Mulai dari seleksi dokumen, esai, chamber workshop, simulasi, sampai wawancara, mereka menunjukkan performa yang sangat memuaskan,” komentar faculty advisor Andhyta Firselly Utami. Delegasi UI terdiri dari Hanifah Ahmad, Garlan Archista Duarsa, Adlini Ilma Ghaisany Sjah, Nicko Arie Prasadana, Tanita Dhiyaan, Roderick J.M. Sibarani, Rizki Yuniarini, Siti Aisyah R., Rino Nugrahaputra, dan Gea Larissa Kuncoro.

“Tahun ini kami mewakili Uganda, salah satu negara Afrika paling signifikan dalam dinamika politik internasional selama dekade terakhir,” komentar Ketua Delegasi UI Hanifah Ahmad. Isu-isu yang akan dibahas meliputi keamanan, kesehatan, energi, kesetaraan gender, serta HAM. “Sebagai Uganda, kami harus membahas isu-isu tersebut dari sudut pandang Dunia Ketiga dengan masalah domestiknya sendiri,” tambah Hanifah.

Andhyta menuturkan, kualitas delegasi Indonesia dari tahun-ke-tahun semakin membaik. HNMUN 2013 menjadi kesempatan untuk membuktikan bahwa kemampuan negosiasi dan public speaking putera-puteri tanah air dapat bersaing dengan mereka dari negara-negara maju lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan sebagainya. Setelah acara ini, diharapkan bukan saja keterampilan diplomasi mereka meningkat, tapi juga pemahaman atas isu global yang lebih komprehensif.
(Reporter ; Hasanudin)