Berita Flash News

Friday, 9 August 2013

BPBD Aceh Jaya awasi 8 tempat wisata di Aceh Jaya

27bpbd-agam1111Meulaboh – Puluhan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Jaya, Jum’at (09/08) akan disebar ke sejumlah lokasi wisata dan pantai Diseluruh kabupaten Aceh Jaya. Sejumlah lokasi wisata di Aceh Jaya, Jum’at diperkirakan akan meningkat untuk jumlah pengunjungnya di hari raya idul Fitri 1434 H ini.

Warga yang datang bukan saja penduduk setempat, tetapi dari beberapa kabupaten tetangga tumpah ruah ke lokasi wisata di kabupaten yang pernah diluluhlantakkan gelombang tsunami 2004 silam

Kepala BPBD Aceh Jaya AMren Sayuna Kepada RRI Kamis (08/09/13) mengatakan, sejumlah petugas dari BPBD Aceh Jaya terus akan disiagakan hingga hari minggu (11/08/13).”petugs BPBD Aceh Jaya akan siaga terus untuk membantu pengamanan wisatawan dari kecelakaan laut karena dipastikan saat libur Lebaran objek wisata pantai akan dikunjungi wisatawan”ujarnya.

Menurutnya, curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir bisa memicu tingginya gelombang diperairan laut di aceh jaya.”curah hujan sangat tinggi,maka dari itu kami akan siagakan petugas di pantai aceh jaya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan”harapnya.

Ia berharap, para wisatawan mematuhi peringatan yang disampaikan petugas BPBD, mengingat karakteristik ombak pantai selatan yang tidak mudah ditebak.

“Berdasarkan ramalan dari BMKG, meskipun saat ini sudah memasuki musim kemarau tapi kemungkinan masih akan turun hujan. Sehingga setiap pengunjung yang berkunjung ke pantai diimbau untuk tetap berhati-hati,” katanya.

Ia menjelaskan, pengamanan objek wisata itu penting mengingat masa liburan Lebaran cukup lama sehingga masyarakat bila ingin berlibur di tempat tersebut menjadi nyaman.“Kami menginginkan suasana Lebaran berlangsung aman dan nyaman sehingga perlu memaksimalkan pengamanan,” katanya.

 

Berikut data beberapa tempat wisata yang kami terima dari pihak BPBD Aceh Jaya :


1. Arung Jeram Sungai Teunom
yang dimulai dari air terjun di hulu sungai sampai ke Desa Sarah Raya atau Desa Alue Jang, selama 3 jam, 24 km dari Kota Teunom.

2. Danau Laut Nie Pineung Suasa
Tempat Wisata di Aceh Jaya di Desa Pasi Timon, Kecamatan Teunom,

3. Lhok Geulumpang
Tempat Wisata di Aceh Jaya yang merupakan kawasan hutan alami menghadap Samudera Hindia, dengan pantai landai berpasir putih untuk berjemur, snorkeling, menyelam menikmati biota laut yang dilindungi, monyet-monyet, dan pemandangan perbukitan.

4. Pantai Kuala Dhoi

Tempat Wisata di Aceh Jaya di Desa Kuala Dhoi, berbatas Samudera Hindia, 3 km dari Lageun, 12 km dari Calang, dengan pantai landai berpasir putih bersih.

5. Pantai Kuala Merisi
Tempat Wisata di Aceh Jaya dengan Legenda Bate Putri Ratu Meurendam Dewi, untuk berenang-renang, dan tersedia warung-warung makanan minuman

6. Pantai Pasir Saka
Tempat Wisata di Aceh Jaya pantai berpasir putih bersih yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindiau, ntuk berenang, berjemur, snorkeling, 14 km dari Sampoinit

7. Pulau Reusam
Tempat Wisata di Aceh Jaya dengan pantai landai berpasir putih bersih untuk berenang dan snorkeling, panorama alam indah, meriam tua peninggalan Belanda dan Jepang, dicapai dengan kapal dari Desa Batee Tutong dan Desa Rigaih selama 15 menit.

8. Pulau Tsunami
Tempat Wisata di Aceh Jaya di Kecamatan Jaya (Lamno), 2 jam dari ibukota provinsi, merupakan pulau yang terjadi akibat gempa bumi dan gelombang tsunami tahun 2004, akses dari Desa Ujong Sudhen dengan kapal sekitar 15 menit.

9. Teluk Rigaih
Tempat Wisata di Aceh Jaya yang berada diantara Desa Batee Tutong, pulau Seumot dan Desa Rigaih, dimana pejalan bisa snorkeling, menyelam dan memancing, dengan terumbu karang dan ikan aneka rupa yang indah.

Fadil Tarmizi