Flash News

Thursday, 28 March 2013

Bupati Aceh Jaya Buka Acara Sosialisasi Sensus Pertanian Di Aceh Jaya

Meulaboh – Bupati Aceh Jaya yang diwakili oleh Assisten II Bapak Saiful Bahri Sp Kamis (28/03/2013 ) membuka acara Sosialisasi Sensus Pertanian Kabupaten Aceh Jaya di Ruang Aula Lantai III Kantor Bupati Aceh Jaya dengan tema “Menyediakan Informasi untuk masa depan Petani yang lebih baik “, Acara tersebut diadakan oleh Badan Pusat Statistik ( BPS ) Aceh Jaya.

Dalam sambutannya Bupati Aceh Jaya mengharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi dapat mengsosialisasikan hal – hal yang didapatkan dalam kegiatan tersebut ketingkat masyarakat agar data yang diterima oleh Badan Pusat Statistik Aceh Jaya benar – benar akurat.

”kepada seluruh peserta yang hadir hari ini kedepan agar dapat memberikan pencerahan kepada Para Petani di Aceh Jaya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi data”ungkapnya.

Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS ) Aceh Jaya Baharudin SE menjelaskan Sensus Pertanian tersebut merupakan sensus pertanian yang pertama di adakan di Aceh Jaya dan akan dilaksanakan secara Nasional pada tgl 1 – 31 mei 2013 yang meliputi enam sektor yaitu, Sektor Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan, Perikanan, peternakan dan Perhutanan. Sensus Pertanian tersebut akan menggunakan metode Door to door bagi desa yang menjadi basis pertanian dan menggunakan metode Snowbaall untuk desa yang bukan basis pertanian.”Sensus pertanian yang perdana di Aceh Jaya yang akan dilakukan pada awal hingga akhir mei 2013 mendatang”ujarnya.

Adapun tujuan diadakannya Sensus pertanian mendatang adalah untuk melaksanakan amanat Undang –undang Republik Indonesia Nomor 16 tahun 1997 Tentang Statistik . juga dilaksanakan karena adanya kebutuhan data terkini untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun perencanaan pembangunan Pertanian Indonesia secara umum dan di Kabupaten Aceh jaya Khususnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Muspida Aceh Jaya, Kadis Pertanian, dan turut dihadiri oleh Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Aceh Drs. Ramlan MM. dan hadir sebagai peserta Camat Se Aceh Jaya, Mukim, Geucik, Kelompok Tani serta Para penggiat Pertanian di Aceh Jaya. Acara tersebut di awali dengan Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, Shalawat Badar dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, juga diawali dengan pemutaran video kilas balik sensus Pertanian. (Fadil Tarmizi/Humas Aceh Jaya)